1. Perangkat Masukan (Input Devices)

Merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan pada sistem komputer berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mengolah sinyal input. Perangkat masukan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Mouse
Berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer, dapat men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) file.

2. Keyboard
Merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol huruf dan fungsi. bentuk keyboard ada yang standard dan extended. Perbedaannya terletak pada jumlah tombolnya.

3.Joystick
Merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam melakukan permainan di komputer.

4. Scanner
Peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di-scan.

5. Microphone
Merupakan alat elktronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.

6.CD-ROM Drive
Berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD.

b. Perangkat Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetik. Contohnya key-to-tape, ket-to-card, dan key-to-disk.
Merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan pada sistem komputer berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mengolah sinyal input. Perangkat masukan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Mouse
Berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer, dapat men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) file.

2. Keyboard
Merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol huruf dan fungsi. bentuk keyboard ada yang standard dan extended. Perbedaannya terletak pada jumlah tombolnya.

3.Joystick
Merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam melakukan permainan di komputer.

4. Scanner
Peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di-scan.

5. Microphone
Merupakan alat elktronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.

6.CD-ROM Drive
Berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD.

b. Perangkat Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetik. Contohnya key-to-tape, ket-to-card, dan key-to-disk.

Merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan pada sistem komputer berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mengolah sinyal input. Perangkat masukan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Mouse
Berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer, dapat men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) file.

2. Keyboard
Merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol huruf dan fungsi. bentuk keyboard ada yang standard dan extended. Perbedaannya terletak pada jumlah tombolnya.

3.Joystick
Merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam melakukan permainan di komputer.

4. Scanner
Peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di-scan.

5. Microphone
Merupakan alat elktronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.

6.CD-ROM Drive
Berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD.

b. Perangkat Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetik. Contohnya key-to-tape, ket-to-card, dan key-to-disk.
Merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan pada sistem komputer berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mengolah sinyal input. Perangkat masukan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Mouse
Berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer, dapat men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) file.

2. Keyboard
Merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol huruf dan fungsi. bentuk keyboard ada yang standard dan extended. Perbedaannya terletak pada jumlah tombolnya.

3.Joystick
Merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam melakukan permainan di komputer.

4. Scanner
Peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di-scan.

5. Microphone
Merupakan alat elktronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.

6.CD-ROM Drive
Berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD.

b. Perangkat Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetik. Contohnya key-to-tape, ket-to-card, dan key-to-disk.
OUTPUT DEVICE
Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.
1. Monitor
Dapat disebut juga dengan computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya. Saat ini layar monitor diproduksi dalam dua bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti TFT LCD. Tapi dari kabar yang saya dengar, saat ini monitor CRT sudah tidak diproduksi lagi dan digantikan dengan TFT LCD.
2. Printer
Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.
3. Speaker
Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

Prosesor Intel
Pentium III
Memperluas jajaran keluarga performa prosesor 32 byte Intel x86, mampu meningkatkan performa yang dibutuhkan untuk aplikasi dekstop pada umumnya sebaik workstation dan server. Kompatible dengan semua aplikasi yang diinstal pada DOS, Windows, OS/2, dan Linux. Pentium III menggunakan soket 370 dengan kecepatan maksimum sebesar 1,4 GHz, L1-Cache: 16 + 16 KiB, L2-Cache 256/512, dan FSB sebesar 133 MHz pada seri Tualatin.
Pentium IV

Pentium M

Celeron

Membedakan prosesor generasi Celeron dekstop sangat mudah, perbedaannya terletak pada perbedaan tipe kemasannya. Celeron dengan basis Pentium II dikemas dengan slot 1 atau PPGA plastik, Celeron dengan basis Pentium III dibuat dengan FC-PGA, dan Celeron dengan basis Pentium IV dikemas dengan 478 pin FC-PGA2.
Celeron D

Berikut perbedaan versi antara prosesor Celeron D dengan core Prescott
- Celeron D dengan 478 pin mikro FC-PGA digunakan pada motherboard dengan soket 478. Prosesor ini memiliki fitur dasar core Prescott dan memiliki kemampuan Excute Disable Byte atau mode eksekusi 64 byte.
- Prosesor Celeron D pertama pada 775-land FC-LGA memiliki kemampuan Excute Disable Byte.
- Celeron D yang baru pada 775-land FC-LGA memiliki kemampuan Excute Disable dan mode 64 byte.
Secara umum, prosesor Celeron D Prescott memiliki sedikit improvisasi bila dibandingkan dengan prosesor Celeron Northwood, yaitu frekuensi Front Side Bus (FSB) 33% lebih cepat, L2 cache dua kali lebih besar,dan mode 64 byte pada sebagian CPU Celeron D Prescott. Mode 65 byte juga digunakan pada prosesor Celeron D berbasis core Cedar Mill, yaitu 512 KB, sedangkan pada prosesor Celeron D Prescott hanya 256 KB.
Core TM 2 Duo
Core TM 2 Quad

Core i7

Prosesor AMD
AMD Athlon TM


Memory
Fungsi :
Macam-macam Memory :
1.) ROM (Read Only Memory)
Pengertian :
Intruksi / program khusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal.
Fungsi :
Untuk menyimpan berbagai program yang berasal dari komputer.
Jenis-jenis ROM :
1. PROM
2. EPPROM
3. EEPPROM
4. FlashROM
2.) RAM (Random Access Memory)
Pengertian :
Bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data.
Fungsi :
Menyimpan program dalam bentuk komponen padat, sehingga tidak akan mengalami gangguan seandainya aliran listrik terputus.
Jenis RAM berdasarkan cara kerja :
1. Dinamic RAM (DRAM)
- FPM DRAM
- EDO DRAM
- SDRAM
- RDRAM
- DDRS DRAM
- RAM untuk video:
+ VRAM
+ WRAM
+ SGRAM
2. Static RAM (SRAM)
- SIMM
- DIMM
- RIMM

Pengertian :
Suatu penanaman konsep yang bisa menyimpan data dan program.Fungsi :
- Dapat menerima informasi-informasi baru yang dapat disimpan oleh memori tersebut.
- Dapat memanggil kembali informasi-informasi yang telah disimpan untuk dikeluarkan kembali.
Macam-macam Memory :
1.) ROM (Read Only Memory)

Pengertian :
Intruksi / program khusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal.
Fungsi :
Untuk menyimpan berbagai program yang berasal dari komputer.
Jenis-jenis ROM :
1. PROM
2. EPPROM
3. EEPPROM
4. FlashROM
2.) RAM (Random Access Memory)

Pengertian :
Bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data.
Fungsi :
Menyimpan program dalam bentuk komponen padat, sehingga tidak akan mengalami gangguan seandainya aliran listrik terputus.
Jenis RAM berdasarkan cara kerja :
1. Dinamic RAM (DRAM)
- FPM DRAM
- EDO DRAM
- SDRAM
- RDRAM
- DDRS DRAM
- RAM untuk video:
+ VRAM
+ WRAM
+ SGRAM
2. Static RAM (SRAM)
- SIMM
- DIMM
- RIMM
1 komentar:
tolong kalau ada blogger yang copas (copy paste) artikel dari blog lain, sertakan link sumbernya..
kasian para penulis blog yang sudah susah2 menulis artikel, ujung2nya hanya di copas dengan gampangnya oleh blogger yang tidak bertanggung jawab...
tapi, artikelmu keren kok, kamu menulis artikel ini sendiri ya?? :)
Posting Komentar